Selasa, 07 Juli 2009

Perubahan Menjadi ABG: Toket mulai tumbuh

Apa sih yang terjadi dengan diri kita ketika memasuki masa pubertas? Banyak betul perubahannya, dari fisik sampai psikis.


Sebenarnya masa pubertas itu menyenangkan kok kalau kita tahu cara menghadapinya. Yuk kita kenali dulu dari awal.

Apa sih yang dimaksud dengan pubertas?

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8-10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15-16 tahun. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Pada cewek pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche), sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah.

Mengapa pubertas terjadi?

Penyebab munculnya pubertas ini adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara cewek dan cowok. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh kita mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi kita telah berfungsi dan tubuh kita mengalami perubahan.

Hormon seks yang mempengaruhi cewek adalah estrogen dan progesteron yang diproduksi di indung telur, sedangkan pada cowok diproduksi oleh testis dan dinamakan testosteron. Hormon-hormon tersebut ada di dalam darah dan mempengaruhi alat-alat dalam tubuh kita sehingga terjadilah beberapa pertumbuhan.

Apa beda antara masa puber dan masa remaja?

Masa puber adalah bagian dari masa remaja sebab masa remaja diawali dengan pubertas. Ketika kita sudah mengalami pubertas, kita dianggap sudah memasuki masa remaja. Remaja sendiri didefinisikan sebagai masa transisi atau peralihan dari masa kanan-kanak ke masa dewasa.

Normal enggak sih kalau kita lebih cepat dewasa dibandingkan dengan teman lain?

Biasanya pubertas dimulai antara usia 8-13 tahun pada cewek dan 10-15 tahun pada cowok. Tapi, ada juga anak-anak yang mulai pubertasnya pada usia yang lebih awal atau lebih lambat. Kadang-kadang cewek mulai pubertasnya lebih awal 2 tahun dibandingkan dengan cowok. Perbedaan pertumbuhan dan perubahan pada seorang remaja dengan remaja yang lain itu sesuatu yang normal-normal aja dan tidak perlu dikhawatirkan karena setiap orang punya caranya sendiri.

Perubahan-perubahan apa saja yang dialami cewek gadis ABG pada masa pubertas?

Pada cewek perubahan fisik ditandai dengan bentuk tubuh yang mulai berlekuk, seperti pinggul mulai melebar, tinggi dan berat badan bertambah secara cepat, kulit menjadi halus, suara menjadi lembut, tumbuhnya bulu-bulu di ketiak dan seputar kemaluan, dan berfungsinya alat reproduksi. Buah dada toket payudara mulai tumbuh, sedikit membengkak dan kadang-kadang sakit. Buah dada kanan dan kiri kadang tidak tumbuh secara bersamaan atau sama besarnya. Hal ini normal aja kok.Buah dada toket payudara.

Perubahan psikis yang terjadi misalnya perasaan kita menjadi lebih sensitif, ingin diperhatikan lawan jenis, suka mematut diri di depan cermin, dan lain-lain.

Lalu apa yang terjadi dengan cowok?

Pada cowok sama dengan cewek, yaitu ada dua macam perubahan yang terjadi: fisik dan psikis. Perubahan fisik ditandai dengan melebarnya dada menjadi lebih bidang, otot menguat, tumbuh bulu-bulu di ketiak dan daerah sekitar kemaluan, tumbuh jenggot, kumis, timbul jakun, suara membesar, dan mulai berfungsinya alat reproduksi.

Perubahan secara psikis antara lain adalah timbulnya perhatian pada diri sendiri dan pada lawan jenis, ingin diakui kedewasaannya, tidak ingin bergantung pada ortu, dan sebagainya.

Kenapa pakai BB (bau badan) dan jerawat segala sih?

Selama masa pubertas, tubuh sangat giat menghasilkan hormon pertumbuhan. Kegiatan hormon menghasilkan minyak yang muncul sampai permukaan kulit. Sering kali minyak ini menutupi pori-pori dan bercampur dengan bakteri yang kemudian menyebabkan jerawat. Keadaan ini bisa berlangsung beberapa tahun selama masa remaja. Untuk mengatasi masalah kulit ini, kita harus sering mencuci tangan dan wajah kita.

Baik cowok maupun cewek mulai lebih banyak berkeringat, dan keringat mulai berbau. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Untuk mengurangi bau, mandilah dengan bersih dua kali sehari.

Apa fungsi rambut di sekitar alat kelamin dan apakah perlu dicukur?

Fungsi rambut di sekitar alat kelamin baik pada cowok maupun cewek masing-masing adalah untuk menjaga kelembapan di sekitar skrotum (tempat bergantungnya testis) atau vagina agar suhunya relatif tetap.

Rambut di sekitar kemaluan sebaiknya dicukur secara teratur. Karena rambut ini juga bisa ditumbuhi sejenis jamur atau kutu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman atau gatal.