Sabtu, 29 Agustus 2009

Wanita Pun Berhak Pamer Buah Dada Payudara Toket

20/11/2007 Rita Uli Hutapea – detikcom Stockholm – Pria bertelanjang dada di tempat umum itu sih biasa. Tapi kalau wanita? Hemm… hal inilah yang tengah diperjuangkan kaum wanita di Swedia. Mereka meluncurkan kampanye untuk memperjuangkan hak pamer dada di pantai-pantai dan kolam renang di negeri itu.

Alasannya, wanita punya hak yang sama untuk bertelanjang dada seperti halnya kaum pria. Demikian seperti diberitakan Daily Mail’s Metro dan dilansir News.com.au, Selasa (20/11/2007).

Kampanye ini bermula akibat kemarahan kaum feminis Scandinavia. Mereka marah ketika dua wanita disuruh menutupi dada mereka oleh seorang penjaga pantai di pantai dekat Stockholm.

“Jika wanita dipaksa memakai atasan, bukannya pria juga harus?” Cetus Ragnhild Karlsson, wanita berusia 22 tahun yang mendukung kampanye dada bugil ini.

Kaum wanita di Swedia barat saat ini telah membentuk jaringan Bara Bradiost, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi menjadi Just Breasts.

“Kami ingin dada kami sama normalnya dan tidak dianggap seksual seperti halnya pria, sehingga kami bisa melepas baju kami di pertandingan bola,” ujar juru bicara kelompok tersebut.

Untuk mengkampanyekan hak bertelanjang buahdada, para anggota Just Breasts melompat ke kolam renang di berbagai kota dengan hanya mengenakan celana renang. ( ita / ana )

Sumber: detik.com